Rabu, 30 Mei 2012

MAKALAH MATA KULIAH BIOLOGI UMUM







MAKALAH
AKHIR SEMESTER GANJIL 2011/2012

BUDIDAYA BUAH SEMANGKA
OLEH :

MAIRITA LESTARI
NPM : 11010108
BIOLOGI SESI C 2011

DOSEN PEMBIMBING :
YELVITA SARI S.Si

PROGRAM STUDI :
BIOLOGI UMUM




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) PGRI
SUMATERA BARAT
PADANG
TA.2011/2012









Kata Pengantar

           Puji syukur penulis ucapkan kehadirat allah SWT yang mana telah memberikan rahmat dan kesempatan waktu bagi penulis dalam rangka menyelesaikan makalah akhir semester mata kuliah biologi umum ini.
           Di dalam  Makalah yang bertemakan manfaat ilmu biologi dalam kehidupan manusia ini, penulis merinci tema ini menjadi manfaat ilmu biologi di bidang pertanian, dengan judul: Budidaya Buah Semangka . Penulis memilih judul ini di karenakan penulis tertarik untuk memahami bidang pertanian yang berhubungan dengan ilmu biologi. Di dalam makalah ini , materi-materi makalah penulis ambil dari berbagai sumber buku, dan sebagian juga berasal dari media internet. Penulis mencoba menyajikan makalah dengan sebaik mungkin dan berusaha untuk menyusunnya secara efektif. Dengan menyusun makalah ini di harapkan adanya manfaat yang dapat diambil mengenai manfaat ilmu biologi di bidang pertanian,baik bagi penulis,maupun bagi pembaca sekalian.
           Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada dosen pembimbing,yang telah memberikan tema makalah yang begitu bagus,sehingga kita semua lebih bisa memahami apa arti ilmu biologi sesungguhnya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan mohon maaf atas segala kekurangan. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari dosen pembimbing dan pembaca sekalian karena makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.



Padang, 19 Desember 2011
Penulis









BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
                    Ilmu biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan kehidupannya.Di      dalam kehidupan, salah satu pemanfaatan imu biologi bagi kesejahteraan manusia adalah di bidang pertanian.
Melihat eratnya hubungan manfaat  pertanian dengan kehidupan manusia,Maka penulis mengacu kepada buah-buahan yang biasanya di gemari oleh sebagian orang. Buah yang banyak di gemari salah satunya adalah buah Semangka,selain rasanya yang segar dan banyak mengandung air,semangka juga mempunyai banyak khasiat,salah satunya yaitu dapat membersihkan dan menjaga kesehatan kulit. Namun umumnya semangka yang ada di masyarakat atau di pasaran rasanya kurang manis, mudah busuk, dan bentuknya pun kurang menarik (biasa).
Saat ini pembudidayaan buah semangka masih sedikit di lakukan oleh para petani di Indonesia. Padahal pada daerah-daerah maju,selain membudidayakan buah  yang unggul, semangka juga telah memiliki berbagai variasi rasa dan bentuk. Mereka telah menerapkan budidaya buah semangka, sehingga semangka yang di hasilkan menjadi lebih unggul,baik dari segi buahnya maupun dari segi penghasilan (ekonomi) yang di dapatkan. Untuk itu penulis ingin mengetahui bagaimana pembudidayaan buah semangka tersebut,dan bagaimana mendapatkan buah semangka yang unggul dan lebih menarik. Sehingga dapat di harapkan kepada para petani Indonesia agar merapkan cara budidaya buah semangka ini,demi kesejahteraan hidupnya dan juga bagi manusia lainnya.           
    (ensiklopedi Indonesia)

        Jadi, dalam rencana penyusunan makalah ini, penulis menginginkan  pengetahuan tentang bagaimana pelaksanaan kegiatan agribisnis pertanain budidaya tanaman Semangka dengan memanfaatkan ilmu biologi sebagai dasarnya.
               





1.2  Tujuan
         Berdasarkan latar belakang di atas, maka di peroleh tujuan makalah sebagai berikut :
1.      Mengetahui pengertian budidaya tanaman
2.      Mengetahui usaha apa saja yang di lakukan untuk membudidayakan tanaman Semangka
3.      Mengetahui bagaimana penanggulangan hama penyakit buah Semangka
4.      Mengetahui bagaimana contoh penerapan budidaya Semangka

1.3  Manfaat Penulisan
Berdasarkan tujuan makalah, maka dapat di peroleh manfaat penyusunan makalah   sebagai berikut :
1.      Dapat mengetahui pengertian budidaya tanaman
2.      Dapat mengetahui uasaha-usaha yang di lakukan untuk membudidayakan buah Semangka
3.      Dapat mengetahui cara-cara penanggulangan hama buah Semangka
4.      Dapat mengetahui contoh penerapan budidaya Semangka

1.4  Metode Penulisan
Metode penulisan makalah ini di lakukan dengan memadukan dua sumber, yakni dari beberapa buah  buku pertanian dan media internet.





2.1  Budidaya Tanaman  Semangka
          A. Pengertian Budidaya Tanaman
                   Budidaya tanaman adalah usaha membudidayakan tanaman atau menerapkan cara bertani yang baik pada suatu jenis tanaman, yang di lakukan oleh para penanam dalam rangka meningkatkan hasil pertanian yang lebih baik.
          B. Pengenalan Tanaman Buah Semangka.
                    Urutan taksonomi/klasifikasi ilmiah buah Semangka
Kerajaan
Plantae
Divisi
Magnoliophyta
Kelas
Magnoliopsida
Ordo
Cucurbitales
Famili
Cucurbitaceae
Genus
Citrullus
Spesies
Citrullus lanatus

(Tabel 1.1, urutan taksonomi semangka)
         Tanaman buah semangka marupakan jenis tanaman merambat yang di dalam bahasa inggris disebut water mellon.Berasal dari daerah kering tropis dan subtropis Afrika. kemudian berkembang pesat ke daerah/negara-negar lain,seperti : Indonesia,Thailand,Malaysia,Afrika Selatan,Cina dan negara-negara beriklim tropis.Semangka termasuk dalam keluarga buah labu-labuan (cucurbitaceae). Pada daerah asalnya sangat di sukai manusia yang ada di benua tersebut,karena buah ini banyak mengandung air,dan penyebarannya menjadi lebih cepat.
 (wikipedia Indonesia).
Tingkat dan kualitas produksi semangka di indonesia masih tergolong rendah. Hal ini di sebabkan antara lain karena tanah yang keras, miskin unsur hara dan hormon, pemupukan yang tidak berimbang,serangan hama dan penyakit tanaman,pengaruh cuaca/iklim,serta teknis budidaya petani. Oleh karena itu, usaha pembudidayaan buah semangka sangat di butuhkan.
(PT.NATURAL NUSANTARA, tanggal akses: 18 Desember 2011 ) .
C. Jenis Tanaman Semangka
banyak varietas/janis semangka yang di budidayakan,tetapi hanya beberapa jenis yang di budidayakan petani.di indonesia varietas tanaman semangka yang cocok di budidaayakan antara lain:
·         Model buah bulat dan lonjong (semangka beby/semangka inul)
·         Semangka kulit luar berwarna loreng hijau dan polos kuning
·         Semangka berbiji dan semangka tanpa biji (ada bulat dan lonjong)

      D. Sentra Penanaman Semangka
Di indonesia Semangka banyak di budidayakan didaerah jawa tengah,di jawa barat, di jawa timur dan di lampung,dengan rata-rata produksi 30 ton/ha/tahun.
      E. Syarat Pertumbuhan Semangka
ü  Secara teoritis iklim,curah hujan harus ideal : untuk areal penanaman semangka adalah 40-50 mm/bulan.
ü  Seluruh areal penanaman semangka perlu sinar matahari,sejak matahari terbit sampai tenggelam,dan apabila kekurangan sinar matahari menyebabkan terjadinya kemunduran waktu panen.
ü  Tanaman semangka akan dapat tumbuh dan berkembang serta berbuah dengan optimal pada suhu kurang lebih 250 c (siang hari).
ü  Suhu udara yang ideal bagi pertumbuhan tanaman semangka adalah suhu harian rata-rata yang berkisar 20-30 mm.
(Buku Budidaya Usaha Pengolahan AGRIBISNIS Semangka )
       F. Media tanam semangka
Kondisi tanah yang cocok untuk tanaman semangka adalah tanah yang cukup gembur,kaya bahan organik,bukan tanah asam atau tanah persawahan/kebun yang telah di keringkan. Keasaman tanah (pH) yang di perlukan antara 6-6,7.jika pH kurang dari 5,5 (tanah asam) maka di adakan pengapuran dengan dosis di sesuaikan dengan tingkat keasaman tanah tersebut.Tanah yang cocok untuk tanaman semangka adalah tanah porous (sarang) sehingga mudah membuang kelebihan air,tetapi tanah yang terlalu mudah untuk membuang air kurang baik untuk di tanami semangka.
       G. Ketinggian tempat tanam
Ketinggian tempat ideal untuk penanaman semangka adalah : 100-300 m dpl.



      H.  Manfaat tanaman semangka

Manfaat pembudidayaan semangka adalah agar buah dan bentuk semangka yang dihasilkan lebih segar dan menarik.Tetapi ada yang memanfaatkan daun dan buah semangka muda untuk bahan sayur-mayur. Bijinya di olah menjadi makanan ringan yang di sebut” kuwaci” (di sukai masyarakat sebagai makanan ringan). Serta kulit semangka juga di buat asinan/ acar seperti buah timun dan labu-labuan lainnya.
(Buku Budidaya Usaha Pengolahan AGRIBISNIS Semangka)

2.2 Usaha Pembudidayaan Semangka
            a. Pembibitan
Ø  Benih semangka yang baik adalah benih hibrida import
Ø  Benih di siapkan terutama jenis bibit tripoloid (non biji)
Ø  Penyemaian benih di lakukan melalui tahapan : perenggangan bibit biji semangka,perendaman biji dalam suatu satuan obat yang di ramu, pemeliharan pembibitan,pemupukan bibit’dan pemindahan bibit.
b. Pengolahan Media Tanaman Semangka
*      Persiapan lahan : lahan bekas dari tanaman terdahulu , di bersihkan terlebih dahulu
*      Pembukaan lahan : penghancuran/ perataan tanah yang akan di tanami
*      Pembentukan bedengan: lebar bedenga 7-8 M. Tergantung tebal tipis/tingginya(min 20 cm)
*      Pengapuran : unsur kapur Ca,Mg yang bersifat menetralkan keasaman tanaman

c. Pemupukan Semangka
Pupuk yang di pakai adalah pupuk organik dan pupuk buatan. Biasanya pupuk organik/buatan berguna untuk membantu pemulihan kondisi tanah yang kurang subur dengan dosis 2 Kg/bedengan.
Caranya : di taburkan di sekaliling bedengan secara merata.




d.  Teknik Penanaman Semangka
Penentuan pola tanaman : tanaman semangka merupakan tanaman semusim dengan pola tanam monokultur. Penanaman bibit semangka pada lahan lapangan, setelah persemaian berumur 14 hari dan telah tumbuh daun 2-3 lembar.Sambil menunggu bibit cukup besar di lakukan pelubangan pada lahan dengan ke dalaman 8-10 cm.
Persiapan pelubangan lahan tanaman : di lakukan satu minggu sebelum bibit di pindahkan ke darat. Berjarak 20-30 cm dari tepi bedengan,dan  jarak antara lubang sekitar 80-100 cm.
e. Cara Tanam Semangka
Setelah di lakukan pelubangan, areal penanaman di siram secara massal supaya tanah siap menerima penanaman bibit sampai menggenangi arel sekitar ¾  tinggi bedengan dan di biarkan sampai air meresa
Urutan penanaman adalah sebagai berikut :
1.      Kantung plastik di ambil hati-hati agar kantung tidak rusak
2.      Tanam dengan tanah posisi kantong dan masukkan ke lobang yang sudah di siapkan
3.      Celah-celah lubang di tutup dengan tanah yang sudah di siapkan sebelumnya.
4.      Lubang tanah yang tersisa di tutup dengan tanah dan di siram dengan sedikit air agar media bibit menyatu dengan tanah.
f.Pemeliharaan  Tanaman Semangka
Penjarangan dan penyulaman : apabila benih semangka tumbuh terlalu lebat/tanaman mati, dilakukan penyulaman/ di ganti dengan bibit baru/bibit cadangan yang telah di siapkan.
Penyiangan : pemotongan ranting di lakukan tanpa memotong ranting skunder.
Pembubunan : agar akar menyerap makanan secara sempurna,maka di lakukan pembubunan setelah beberapa hari penanaman.
Perempalan : penyortiran dan pengambilan tunas-tunas muda yang tidak berguna.



Pemupukan& penyemprotan : pemupukan di lakukan  berulang-ulang sesuai dengan fase pertumbuhannya. Adapun penyemprotan di lakukan sebagai berikut:
·         Pupuk daun di berikan saat 7, 14,21,28,dan 35 hari setelah tanam
·         Pupuk buah di berikan pada saat 45 dan 55 hari setelah tanam
·         ZA dan NPK (perbandingan 1 :1) dilakukan 21 hari setelah tanam, sebanyak 300 ml
Pengairan dan penyiraman : sistem irigasi yang di gunakan adalah sistem farrow irrigation (air di alirkan melalui saluran di antara bedengan)
Waktu penyemprotan  pestisida : Selain pupuk daun, insektisida dan fungisida, ada obat lain yaitu ZPZ (zat perangsang tumbuhan).Dilakukan setelah tanaman berusia lebih dari 20 hari di lahan.
(Buku Budidaya Usaha Pengolahan AGRIBISNIS Semangka)


2.3  Hama dan Penyakit Semangka
1. Hama
Hama tanaman dapat di bedakan menjadi 2 kelompok, yaitu hama yang tahan terhadap pestisida (tikus) dan hama yang tidak tahan terhadap pestisida (kutu daun).
a.       Thrips       
berukuran kecil ramping, warna pucat kuning kehitaman.
Pengendalian : menyemprotkan larutan insektisida sampai tanaman basah dan merata.
b.      Ulat perusak daun
Berwarna hijau dengan garis hitam/atau berwarna hijau bergaris kuning.
Pengendalian : dilakukan secara kimiawi dan non kimiawi.
c.       Tungau
Binatang kecil berwarna merah agak kekuningan, berukuran kecil. Mengisap cairan tanaman, membela diri dengan menggigit dan menyengat.
Pengendalian : dilakukan dengan cara non kimiawi dan dengan pestisida.

d.      Ulat tanah
Pengendalian : Dilakukan penanaman secara serempak pada daerah yang berdekatan untuk memutuskan siklus hidup hama dan pemberantasan serangga ngengat di sekitarnya.
Pengendalian secara kimiawi : dengan obat-obatan sesuai dengan peraturan penanaman buah semangka.

e.       Kutu putih dan ulat buah
Hewan ini mempunyai sayap yang transparan berwarna kuning dan mempunyai belalai.
Tanda-tanda serangan : terdapat bekas luka pada kulit buah.
Pengandalian : non kimiawi dengan membersihkan lingkungan,dan kimiawi dengan cara memberi obat-obatan.

2. Penyakit
a. Layu fusarium
Penyebab : adanya kondisi lingkungan yang memungkinkan tumbuhnya jamur.
Gejala : timbul kebusukan pada tanaman,yang tadinya subur menjadi lambat laun akan mati.
Pengendalian : secara non kimiawi dilakukan pergiliran masa tanam dan menjaga kondisi lingkungan, dan dengan cara kimiawi dilakukan dengan penyemprotan bahan fungisida secara periodik.

b. Bercak daun
Penyebab : spora bibit penyakit terbawa angin dari tanaman lain yang terserang.
Gejala : permukaan daun terdapat bercak-bercak kuning, selanjutnya menjadi coklat dan akhirnya mati.
Pengendalian : sama dengan pengendalian pada layu fusarium.



c. Busuk buah
Penyebab : karena adanya bakteri patogen menyerang buah menjelang masak.
Pengendalian : hindari dan cegah terjadinya kerusakan kulit buah, baik selama pengangkutan maupun penyimpanan.
d. karat daun
Penyebab : Adanya virus yang terbawa oleh tanaman yang berkambang pada daun tanaman .
Gejala : daun melepuh, belang-belang,dan cendrung berubah bentuk
Pengendalian : sama dengan pengendalian pada penyakit layu fusarium.
3. Gulma
Selain dari hama dan penyakit, gangguan juga di sebabkan oleh kekurangan dan kelebihan unsur hara  yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pohon semangka yang kekurangan dan kelebihan unsur hara tersebut, menderita akibat adanya gulma (tanaman pengganggu).
(Buku Hama Tanaman,Masalahnya Dan solusinya,KANISIUS 2007 )

2.4  Cara Panen Semangka

a.       Ciri dan umur panen

Umur panen setelah 70-100 hari setelah penanaman. Setelah terjadi perubahan warna buah dan batang buah mulai mengecil maka buah tersebut bisa di petik (dipanen). Masa panen dipengaruhi cuaca, dan jenis bibit (type hibrida dan jenis buah berbiji).
b.      Cara panen
Dalam pemetikan buah yang akan di panen sebaiknya di lakukuan pada saat cuaca cerah dan tidak berawan sehingga buah tidak basah dan tahan  selama penyimpanan ataupun di tangan para pengencer. Dan sebaiknya pemotongan buah semangka dilakukan beserta tangkainya.




c.       Periode panen
Panen di lakukan dalam beberapa periode.
Sedangkan tahap –tahap panen yaitu : pertama di petik buah yang sudah tua, kedua: sisanya di petik semuanya sekaligus, ketiga: setelah daun-daun sudah mulai kering karena buah sudah tidak dapat berkambang lagi,maka buah tersebut harus segera di petik.
d.      Perkiraan produksi panen
Hasil produksi dari  masing-masing pohon semangka perlu diadakan pembatasan hasil buahnya, sehingga dapat diperkirakan hasil produksinya. Wajarnya jumlah buah berkisar antara 2-3 buah setiap pohon (1 buah pada cabang pohan dan 2 buah pada batang utama dari pohon) dengan berat buahnya ± 6-8 Kg per pohon.
(www.situs hijau.co.id result)

2.5 Contoh Penerapan Budidaya Tanaman Semangka
Salah satu penerapan budidaya tanaman semangka adalah di terapkan dalam perekayasaan macam-macam bentuk pada buah nya.Salah satunya yaitu seperti yang di lakukan oleh petani Japang, mereka membuat buah semangka menjadi bermacam-macam bentuk,contohnya semangka bentuk kotak.Mereka mengakalinya dengan cara memasukkan semangka yang masih kecil kedalam kotak. Ketika buah semangka sudah besar dan siap di panen, maka bentuk semangka tercetak menjadi bentuk kotak.Dan semenjak di mulainya budidaya ini,sekarang ini banyak di kembangkan semangka dengan bentuk-bentuk yang lain,seperti :
(www.detikfood.com)
1.Semangka bentuk piramida
(gambar 1.1: semangka piramida)


2. Semangka bentuk kotak

       
(gambar1.2: semangka kotak)
Sumber gambar: detikfood.com
3. semangka bentuk hati
          
(gambar 1.3: semangka hati)
            (gambar1.4 & 1.5: semangka yang sudah di belah dan bentuk-bentuk semangka)
                                                                                      

2.6 Kandungan Gizi Pada Semangka


Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Energi
127  KJ (30 kcal)
Karbohidrat
7.55 g
Gula
6.2 g
Serat pangan
0.4 g
Lemak
0.15 g
Protein
0.61 g
Air
91.45 g
Vitamin A equiv
28 µg (3 %)
Thiamine (vit.B1)
0.033 mg (3%)
Riboflavin (Vit.B2)
0.021 mg (1%)
Niacin (vit. B3)
0.178 mg (1%)
Pantothenic acid (B5)
0.221 mg (4%)
Vitamin B6
0.045 mg(3%)
Folate (vit.B9)
3 µg (1%)
Vitamin C
8.1 mg (14%)
Calcium
7 mg (1%)
Iron
0.24 mg (2%)
Magnesium
10 mg (3%)
Phosphorus
11 mg (2%)
Potassium
112 mg (2%)
Zinc
0.10 mg (1%)

Tabel 2 : kandungan gizi semangka
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa
Source : sumber data nutrisi USDA.

            (Sumber:  wikipedia Indonesia)


                     




2.7  Khasiat buah semangka
Semangka mengandung sekitar 6% gula alami dan 92 % air, ia juga kaya akan vitamin A,B6,dan C. Semangka merupakan sumber yang baik akan senyawa tiamin, kalium, magnesium dan sejumlah besar citrulline- asam amino yang baik untuk tubuh.
Dengan kandungan nutrisinya yang banyak, buah jenis ini memberikan beragam manfaat untuk beragam masalah kesehatan , seperti di bawah ini :
·         Pembangkit energi
Semangka kaya akan vitamin B yang berfungsi untuk menambah energi tubuh.Makan semangka sebelum melakukan latihan fisik, bisa jadi solusi tepat untuk menambah energi dan menghilangkan dehidrasi.
·         Kaya anti oksidan
Semangka kaya akan anti oksidan alami yang merupakan sumber baik vitamin A dan C. Buah semangka berwarna merah mamiliki kandungan antioksidan dan karotenoid dan likopen yang lebih banyak dibandingkan warna yang lain,senyawa ini dapat mengurangi resiko asma, penyakit jantung,osteoporosis, rematik dan berbagai macam kanker dengan menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa merusak sel dan selaput sel.
·         Meningkatkan kesehatan mata
Makan semangka setiap hari secara teratur dapat mencegah rabun senja, karena kaya akan vitamin A dan betakarotein yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan,juga mencegah regenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia.
·         Menurunkan tekanan darah
Semangka merupakan sumber potasium yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah dan elektrolit yang bisa menjaga keseimbangan asam-asam pada tubuh.
·         Meningkatkan fungsi otak
Semangka kaya akan vitamin B6 yang bisa dihisap oleh otak dan membantu otak mengatur pola tidur, menghilangkan stress, dan bisa memberikan perasaan tenang dan senang.
·         Meningkatkan kesehatan jantung
Semangka mengandung citrulline atau asam amino yang dapat di ubah menjadi arginine malalui enzim tertentu yang bisa meningkatkan kesehatan jantung
·         Viagra alami
Para penelitian menunjukkan bahwa semangka memiliki  kandungan arginine yang memberikan efek sebagai viagra alami yang bisa meningkatkan libido dan fungsi seksual.

(www.detikfood.com/semangka -si-manis-viagra-alami)

BAB III
PENUTUP
3.1 kesimpulan
Dari semua uraian isi makalah yang telah di susun, maka penulis berkesimpulan sebagai berikut:
Pada hakikatnya,  Pemanfaatan ilmu biologi di bidang pertanian ini banyak cara atau program yang dapat di lakukan. Salah satunya yaitu dimanfaatkan dalam pembudidayaan tanaman semangka,seperti yang di susun oleh penulis dalam makalah ini.Pembudidayaan tanaman semangka pada awalnya hanya di lakukan oleh nagara-nagara maju, namun lama-kelamaan sebagian masyarakat Indonesia pada saat sekarang ini juga telah menerapkan budidaya ini.Pada umunya para petani yang menerapkan program budidaya ini telah mendapatkan hasil yang sesui dengan yang di harapkan.
kira-kira keuntungan yang di dapatkan para petani adalah Rp 5.821.625,- per hektar dalam 1 musim.(Buku Budidaya Usaha Pengolahan Agribisnis Semangka).  
Citrullus lanatus atau yang biasa di kenal sebagai buah semangka ini merupakan tanaman yang merambat, yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Namun sekarang perkembangan budidayanya semakin cepat,bentuk semangka yang pada dasarnya bulat atau lonjong,sekarang di negeri Jepang bentuk dari buah semangka dapat di buat sesuai dengan ke inginan kita.Mulai dari bentuk kotak, piramid,dll.(www.detikfood.com/semangka-si-manis-viagra-alami)
Dengan adanya perkembangan budidaya tanaman semangka tersebut, maka      tanaman semangka dapat bermanfaat lebih dalam kehidupan manusia, baik bagi penghasilan perekonomian,kesehatan,bahkan juga bagi daya tarik buah semangka itu sendiri,yaitu dengan adanya bentuk-bentuk semangka yang menarik.









3.2 Saran
Dari semua isi makalah yang telah di susun, maka saran yang dapat penulis berikan adalah:
o   Apabila anda ingin membudidayakan semangka, pilihlah benih buah semangka yang sesuai dengan kondisi tanah areal peetanian setempat, dan benih-benih berkualitas tersebut dapat di peroleh di toko-toko pertanian setempat atau kepada agen khusus yang menyediakan jenis semangka unggul.
o   Mengosumsi buah semangka sebenarnya sangat baik bagi kesehatan, karena Kulit semangka (sebenarnya) memiliki khasiat lebih baik dari pada semangka itu sendiri.Kulit semangka dapat membantu mengurangi tekanan darah,selain itu anda juga dapat menggunakan kulit semangka sebagai pembersih wajah sehingga membuat kulit anda halus dan menghilangkan kotoran pada kulit, anda akan merasa segar setelah membersihkan kulit dangan kulit semangka.Bahkan dengan memakan kulit semangka dipercaya bisa memutihkan kulit.





Terima kasih dan semoga bermanfaat !!!




                                     





Daftar Pustaka

Arif.2007.Dasar-dasar Bercocok Tanam.Jakarta: Bumi Aksara
Djafaruddin.2007.Hama Tanaman Masalahnya Dan Solusinya. Jakarta: Kanisius
Djafaruddin.2007.Dasar-dasar Perlindungan Tanaman (Umum). Jakarta: Bumi Aksara
Prahasta,A.2008.Budidaya Usaha Pengolahan Agribisnis Semangka. Bandung:                                                                   CV.Pustaka Grafika


Sumber dari media internet (alamat website):
www.situshijau.com
www.wikipediaindonesia.com
www.ptnusantara.com
detikfood.co.id.result










4 komentar:

  1. SEmoga bermanfaat bagi adik-adikku.....

    BalasHapus
  2. artikel ini akan lebih mudah dipahami dan di realisasikan jika menambahnkan media gambar sebagai contoh,,dan di jadikan sebagai panduan dalam pembudidayaan semangka

    BalasHapus
  3. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan M36 (Mikro Mineral) untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  4. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan M36 (Mikro Mineral) untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus